Mengenal Dekat Jenis Konstruksi Jalan Paving Block

Jalanan di Indonesia, baik jalan utama maupun jalan pemukiman umumnya terbagi dalam tiga jenis, yakni jalan beton, jalan aspal, dan paving block.

Ketiga konstruksi jalan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga dalam aplikasinya pun berbeda. Ada yang diaplikasikan khusus untuk jalan utama, namun ada juga yang diterapkan pada jalan-jalan setapak pemukiman warga.

Masing-masing jenis jalan memiliki kelebihan dan kelemahannya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda saat membeli rumah.

Pada artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat tentang jenis-jenis konstruksi jalan.


Jalan Paving Block

Selanjutnya adalah konstruksi jalan menggunakan paving block. Jalan ini juga biasa disebut dengan block beton. Terbuat dari campuran pasir dan semen lalu ditambah dengan atau tidak campuran lain seperti abu bata dan lainnya.

Berdasarkan acuan pembuatan paving block (SII.0819-88) paving block memiliki komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat lain.

Jalan yang menggunakan paving block biasanya memiliki warna-warna dan bentuk yang menarik. Ada yang berbentuk segi empat dan ada juga yang segi banyak.

Pada proses pemasangannya, ukuran disyaratkan kurang lebih 2mm untuk ukuran lebih bidang dan kurang lebih 3mm untuk ketebalan.

Serupa dengan konstruksi jalan beton dan jalan aspal, konstruksi paving block memiliki keuntungan dan kelemahan. Keuntungan antara lain:

  • Pada saat memasang paving block cukup mudah dan tidak memerlukan alat berat.
  • Paving block seakan seperti puzzle yang dapat dipasang kembali setelah dibongkar.
  • Daya tahan jalan ini cukup baik. Khususnya tahan terhadap beban statis, dan tahan terhadap tumpahan bahan pelumas dan pemanasan oleh mesin kendaraan.
  • Banyak terdapat pori atau celah, sehingga genangan air cepat meresap, tidak perlu khawatir terjadi genangan.

Kelemahan

Tidak tahan terhadap kendaaraan berat. ini. Sehingga, sangat direkomendasikan diterapkan pada jalan-jalan pemukiman saja.


Untuk Artikel yang lain silahkan klik link di bawah ini :

Jalan Aspal - Jalan Beton

sumber : rumah.com


EmoticonEmoticon